Mikroskop Dasar Laut Pertama

Mikroskop Dasar Laut Pertama

Ilmuwan membuat mikroskop yang untuk pertama kalinya menyediakan pengamatan pada prilaku berskala kecil dari kehidupan di laut. Mengamati berbagai proses kehidupan laut yang terjadi dalam skala sangat kecil sangat sulit.

Sebelumnya, peneliti membawa kehidupan laut ke laboratorium, tapi saat terpisah dari laut, informasi krusial akan hilang. Seperti dipublikasikan dalam Nature Communications, tim ilmuwan California dan Israel membuat mikroskop baru untuk beroperasi di dasar laut.

Mikroskop tersebut terdiri dari lensa-lensa yang berubah bentuk terbuat dari membran fleksibel berisi cairan. Dengan mengalirkan listrik, bentuk lensa dapat berubah. Sementara itu sinar LED yang difokuskan akan menerangi kehidupan di dasar laut.

Seluruh perlengkapan itu ditempatkan dalam sistem yang kompak yang dapat dibawa ke dasar laut dan dioperasikan oleh penyelam.
Ilmuwan menyatakan, mikroskop tersebut akan berpengaruh pada berbagai bidang ilmiah seperti ekologi, fisiologi, biomekanik, dinamika cairan, geologi dan fisika laut.

www.klcbs.net
@klcbs
Fb :klcbs
Ig :klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven − 5 =

Current day month ye@r *