Arsitektur Hijau Bahrain World Trade Center

Arsitektur Hijau Bahrain World Trade Center

Salah satu arsitektur hijau paling menonjol di Bahrain adalah   gedung Bahrain World Trade Center di kota Manama.  Kompleks  pencakar langit 50 lantai  itu terdiri dari dua menara kembar menjulang 240 meter di atas tanah, seperti dua layar pada sebuah kapal.  Bentuk tersebut menawarkan siluet sangat mempesona,  mengacu secara tepat pada lingkungan maritim di negara pulau kecil di  Timur Tengah tersebut.  Daya tarik lain Bahrain World Trade Center yang sangat unik,

11032017 ATR 02

3 kincir angin raksasa yang mengikat kedua menara kembar pada ketinggian berbeda-beda.    Saat mendisain Bahrain World Trade Cender, Biro arsitektur Atkins masih merasa  perlu menambahkan fitur penyangga ke dalam disain pencakar langit kembar  itu. Upaya pertama, menambahkan panel-panel surya. Namun, kondisi panas yang ekstrim di Bahrain  membuat panel surya menjadi tidak layak.  Pilihan kedua yang  jauh lebih menarik,  tiga  kincir angin berdiameter 29 meter. Masing-masing kincir angin  menggantung di tengah jembatan sepanjang 30 meter,    membentang di antara kedua pencakar langit kembar Bahrain World Trade Center  di Manama. Ketiga kincir angin berada pada ketinggian berbeda-beda. Bentuk denah menjadi kunci penting agar kincir angin dapat berfungsi, membantu mengalirkan dan meningkatkan kecepatan angin di antara kedua gedung.

11032017 ATR 03

Ketiga kincir angin menghasilkan  hampir 11 hingga 15 persen kebutuhan energi   pencakar langit kembar 50 lantai setinggi 240 meter di ibukota Manama itu.   Teknologi ramah lingkungan tersebut, dapat menghasilkan  1.100 hingga 1.300 MegaWattHour per tahun, setara penerangan  untuk 300 rumah selama lebih dari satu  tahun.  Yang tak kalah penting, penggunaan sumber energi dari kincir angin berdiameter 29 meter,  mengurangi emisi karbon ke alam sekitar 55 ribu kubik kilogram Karbon  setiap tahun.

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 × nine =

Current day month ye@r *