Didier Lockwood Penerus Tradisi Biola Jazz Prancis

Didier Lockwood Penerus Tradisi Biola Jazz Prancis
Jika membicarakan biola jazz, musisi Prancis tampaknya menjadikannya semacam institusi. Ketika disebut biola jazz akan muncul nama Stephane Grapelli, yang terkenal berkat rekaman-rekamannya bersama gitaris Django Reinhardt di tahun 1930an dan 1940an. Penerus Grapelli, Jean Luc-Ponty, membawa tradisi biola Jazz Prancis ke dalam jazz modern dan era setelahnya dengan mengadopsi biola elektrik dan ketertarikannya pada Jazz-Rock fusion. Ponty berkembang dari musisi Jazz menjadi bintang terkenal di panggung World Music, tapi sebelum itu ia menyerahkan tongkat estafet biola Jazz Prancis pada Didier Lockwood. Lockwood membuat rekaman jazz pertamanya “New World” tahun 1979. Jika Ponty melakukan lompatan ke Jazz-Rock fusion sejak awal karirnya yang berakar kuat pada tradisi jazz, Didier Lockwood masuk dalam ranah Jazz dari Rock, dan selalu memandang keduanya sebagai satu gaya musik yang melebur. Didier Lockwood lahir tahun 1956 di Calais Prancis dari keluarga Prancis-Skotlandia, dan dalam keluarganya ada banyak musisi. Ayahnya profesor biola, kakaknya seorang pianis, sepupunya pemain bass di Paris Opera, dan ia sendiri belajar musik di sekolah terkenal Ecole Normale di Paris. Di usia 16 tahun, Didier Lockwood telah meraih hadiah pertama dari masyarakat hak cipta Prancis SACEM. Ia mengkomposisi musik konser modern dalam bentuk serial dan 12-tone. Melalui musik blues Inggris, Lockwood pertama kali mengenal rock kemudian jazz, dan pernah bergabung dengan grup rock Prancis Magma. Pengaruh awalnya adalah Jean Luc Ponty, Lockwood sangat terpukau dengan improvisasi Ponty di album Frank Zappa berjudul “King Kong”. Selain Stepahen Grapelli, pemain biola Polandia Zbigniew Seifert yang sangat mempengaruhi Didier Lockwood. Source : illionweb.com www.klcbs.net @klcbs Fb: klcbs Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− two = 3

Current day month ye@r *