Era Baru Pengobatan Kanker

Era Baru Pengobatan Kanker

Badan Obat dan Pangan Amerika Serikat Food and Drug Administration, mengesahkan pengobatan pertama untuk mendisain ulang sistem kekebalan pasien agar dapat menyerang sel-sel kanker. Pengobatan yang disebut CAR-T itu dibuat khusus untuk setiap pasien, yang berbeda dengan pengobatan konvensional seperti operasi atau kemoterapi. Caranya dengan mengekstraksi sel-sel darah putih dari pasien.

130917 HH 01

Sel-sel tersebut kemudian diprogram ulang secara genetik untuk mencari dan mematikan kanker, kemudian dimasukkan kembali ke tubuh pasien dan saat bertemu dengan sasarannya akan membelah diri. Penerapan resmi pengobatan CAR-T tersebut akan dipasarkan dengan nama Kymriah dan bekerja melawan leukemia lymphoblastic akut. Mayoritas pasien kanker tersebut merespon terapi yang biasa, dan Kymriah ditujukan saat pengobatan normal itu gagal.

130917 HH 02

Dari uji coba pada 63 pasien yang dirawat dengan terapi CAR-T, 83 persen dapat sembuh dari kanker dalam kurun 3 bulan. Terapi itu mengandung resiko, menyebabkan sindrom pelepasan Cytokine yang mematikan, akibat pembelahan diri sel-sel CAR-T yang sangat cepat di dalam tubuh. Namun, kondisi tersebut dapat dikendalikan dengan obat-obatan.

Source : nileinternational.net
pressdemocrat.com
i2.wp.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ two = 7

Current day month ye@r *