Mesin Sinar-X Terkuat Dibuka di Hamburg

Mesin Sinar-X  Terkuat Dibuka di Hamburg

Salah satu mesin sinar-X paling kuat yang pernah dibuat telah dibuka resmi di kota Hamburg Jerman. Fasilitas yang membutuhkan biaya lebih dari 1 miliar euro atau lebih dari 15 trilyun rupiah itu akan digunakan untuk meneliti strukter materi secara mendetil, atom demi atom. Fasilitas sinar-X bernama the European X-ray Free Electron Laser (XFEL) tersebut memiliki cara menyinari sasaran yang antara lain memungkinkan ikatan kimia dapat difilmkan secara instan saat terbentuk atau terurai.

110917 SCI 03

Mesin XFEl merupakan akselerator linear superkonduksi yang ditempatkan dalam kompleks terowongan sepanjang 3,4 kilometer, sekitar 40 meter di bawah tanah kota Hamburg dan kota Schenefeld. XFEl bekerja dengan cara mengakselerasi sejumlah ikatan elektron mendekati kecepatan cahaya, sebelum melemparkan elektron-elektron itu ke jalur berliku-liku yang dikendalikan sistem magnet yang disebut undulator.

110917 SCI 02

Mesin tersebut menghasilkan sinar-X yang kuat dan memiliki properti sinar laser. Pancaran sinar-X itu akan menembus dan merinci dalam skala atom apapun yang diletakkan pada lintasannya, seperti molekul protein yang mengendalikan tubuh kita, atau bahan katalis untuk memproduksi kimia industri.

Source : ichef.bbci.co.uk
japantimes.co.jp
timesofindia.indiatimes.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six × 8 =

Current day month ye@r *