Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Satelit yang Menjadi Kota Asrama

Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Satelit yang Menjadi Kota Asrama

Pengertian kota baru adalah kota yang direncanakan, didirikan, dan dikembangkan secara lengkap setelah ada kota-kota lain yang tumbuh dan berkembang terlebih dahulu. Di Indonesia, beberapa kota baru yang berkembang baik diantaranya Kebayoran Baru yang kini sudah menyatu dengan kota induknya (new town in town). Jatinangor seharusnya dapat menjadi kota baru universitas (university town) asalkan diatur agar lebih tertata.

Contoh lain kota baru adalah BSD. Menurut dosen Planologi ITB  Dr. Ir. Denny Zulkaidi, MUP, BSD yang awalnya kota baru di lahan bekas kebun karet seluas 6000 ha kini dihadapkan sejumlah masalah. Kota satelit itu menjadi dormitory town dimana mayoritas masyarakatnya tetap kerja di Jakarta. Akses jalan tol yang semula diharapkan mendukung  dormitory town semacam itu kini mengalami kemacetan. Dampaknya banyak warga membeli apartemen di Jakarta. Di sisi lain, sedikit sekali golongan masyarakat berpengasilan rendah dan sedang dari daerah sekitar yang tinggal di BSD, tapi relatif banyak yang memanfaatkan fasilitas di BSD seperti mal. Sementara, warga BSD yang mayoritas bekerja di Jakarta sedikit yang menggunakan fasilitas tersebut. Yang juga penting diperhatikan, BSD yang sudah terbentuk sekitar 40 tahun masih belum dapat menyediakan fungsi utama lapangan kerja. Padahal untuk membangun kota baru, yang pertama harus disiapkan adalah lapangan kerja.

201017 SCITECH4

Kota  baru yang dibangun developer umumnya bukanlah kota baru melainkan kompleks real estate berskala besar lalu disebut kota, padahal lebih merupakan dormitory town karena tidak mengutamakan penyediaan lapangan kerja. Untuk dormitory town semacam itu yang paling utama diperhatikan adalah kemudahan transportasi dengan metro atau subway yang berbasis rel, bukan berbasis jalan raya.

201017 SCITECH2

Mengantisipasi munculnya kota-kota baru di waktu mendatang, setiap perencanaan kota baru harus menetapkan fungsi khusus seperti kota pelabuhan, kota bandara, jasa, industri, perguruan tinggi dll, dan tidak ada kota pemukiman karena pada dasarnya semua merupakan pemukiman. Untuk transportasi ke kota lain yang diutamakan adalah sarana berbasis jalan rel bukan jalan raya, yang juga efektif mengantisipasi munculnya kota satelit baru yang bersifat dormitory town.
Saat ini kabarnya sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) kawasan perkotaan yang isinya pengelolaan perkotaan. Diharapkan regulasi tersebut mencakup pengelolaan kota baru. Dan, untuk menjalankan fungsi tersebut diperlukan development corporation seperti BUMD.

Sumber :
Dikutip dari Urban Talk Show HMP Planologi ITB – KLCBS, Sabtu 14 Oktober 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three + 5 =

Current day month ye@r *