Microwave Tingkatkan Hard Drive Lebih Dari 40 TB

Microwave Tingkatkan Hard Drive Lebih Dari 40 TB

Kemampuan penyimpanan data pada hard drive tidak lama lagi dapat meningkat tajam menjadi 40 terabyte dan lebih besar lagi. Saat ini, hard disk drive terbesar yang menyimpan data pada disket berputar dapat menyimpan sekitar 14 terabyte. Menurut Western Digital, memungkinkan untuk membuat drive-drive dengan kapasitas lebih besar berkat ditemukannya satu cara untuk menggunakan microwave dalam menulis data pada drive 3,5 inci. Banyak perusahaan besar dan firma web mengisi pusat data dengan disket-disket yang bergantung pada bagian-bagian bergerak, karena pada kapasitas tinggi, disket semacam itu jauh lebih murah dan tahan lebih lama.

251017 SCI 04

Drive tersebut meyimpan data pada disket atau piringan yang berputar pada kecepatan tinggi. Satu disket dengan kapasitas data 40 terabyte, dapat menyimpan lebih dari 2500 film panjang masing-masing berdurasi 2 jam yang dikodekan dalam resolusi standar. Western Digital menyatakan dapat memproduksi drive-drive data besar setelah menemukan cara meningkatkan kepadatan data yang direkam pada satu disket menggunakan microwave.

251017 SCI 01

Teknik itu disebut microwave-assisted magnetic recording (MAMR). Metoda sejenis yang menggunakan panas, bukan microwave, dipandang sebagai cara terbaik untuk membantu meningkatkan kapasitas hardi disk drive, tetapi mahal dan secara teknis sulit dilakukan. Disket yang dihasilkan dengan teknik itu juga dibayangi masalah kelayakan sehubungan keharusan dipanaskan secara teratur di atas 400Celcius.

Source : anandtech.com
digitaltrends.com
bbc.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + = six

Current day month ye@r *