Separuh Kita Bukan Manusia

Separuh Kita Bukan Manusia

Separuh dari tubuh kita bukanlah manusia, karena sel-sel tubuh manusia hanya mencakup 43 persen dari jumlah total sel dalam tubuh, sementara sisanya koloni-koloni makhluk berukuran sangat kecil. Demikian temuan tim ilmuwan internasional. Seberapa baik kita membersihkan diri kita, hampir setiap sudut dan celah pada tubuh manusia ditutupi oleh makhluk mikroskopik, seperti bakteri, virus, jamur, dan archaea yang sebelumnya dianggap sebagai bakteri.

16042018 HH 03

Konsentrasi terbesar mikrobioma berada di kedalaman usus besar yang sedikit sekali mengandung oksigen. Semula, para ahli menduga perbandingan antara sel tubuh dan makhluk mikroskopis itu 10 banding 1, tetapi kini direvisi menjadi hampir 1 banding 1. Bahkan secara genetik, perbandingan tubuh manusia justru lebih rendah. Genom manusia terdiri dari 20-ribu instruksi genetik atau gen.

16042018 HH 02

Tetapi, jika seluruh gen mikrobioma pada tubuh manusia digabungkan, maka perbandingan gen manusia dan mikrobioma adalah 2 banding 20. Memahami separuh diri manusia yang tersembunyi atau mikrobioma kita, akan mengubah dengan cepat pemahaman berbagai penyakit dari alergi hingga Parkinson.

Source : sorendreier.com
theweeklyobserver.com
mnnofa.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 − three =

Current day month ye@r *