Kakas Pendeteksi Keaslian Foto dari Adobe

Kakas Pendeteksi Keaslian Foto dari Adobe

Adobe, perusahaan pemilik Photoshop, program editing foto yang diidentikkan dengan manipulasi foto, menyatakan telah mengembangkan kakas yang dapat mendeteksi jika sebuah gambar telah diubah. Peneliti Adobe mempergunakan kecerdasan artifisial untuk memindai tanda-tanda manipulasi yang biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang.

Kecerdasan artifisial itu dapat memberitahu jika satu elemen telah ditambahkan, dipindahkan, atau dipotong dari sebuah foto. Dalam riset, peneliti Adobe mengajarkan suatu jaringan kecerdasan artifisial untuk mengenali tanda-tanda perubahan warna dan noise gambar yang tidak konsisten pada puluhan ribu foto. Studi tersebut menitikberatkan pada tiga teknik manipulasi yang umum. Sambungan pada dua foto berbeda yang digabungkan.

Copy-move dimana objek pada fotografi dipindahkan atau dikloning dari satu tempat ke tempat lain. Penghapusan, dimana objek dihilangkan dari foto dan diisi dengan yang lain. Ditambahkan, algoritma tersebut diharapkan dapat pula mendeteksi perbedaan pada pencahayaan dan kompresi yang tidak biasa, di waktu mendatang.

Source : techtimes.com
businessghana.com
bbc.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 6 = twelve

Current day month ye@r *