Menanti Ovarium Artifisial

Menanti Ovarium Artifisial

Ilmuwan melakukan langkah awal pengembangan ovarium artifisial yang dapat mengarah pada perawatan yang lebih baik untuk mengawetkan kesuburan. Teknik tersebut bertujuan membantu wanita yang beresiko tidak subur, seperti pasien yang menjalani pengobatan seperti kemoterapi, yang dapat merusak ovarium dan membuat wanita menjadi tidak subur.

Cara yang ada bagi wanita mempertahankan peluang kesuburannya, transplantasi jaringan ovarium, hanya tersedia untuk anak perempuan yang belum menstruasi. Untuk wanita dewasa, terdapat resiko munculnya kembali sel kanker saat dilakukan transplantasi. Untuk menghilangkan resiko itu, peneliti Denmark mengambil folikel ovarium dan jaringan ovarium dari pasien yang akan menjalani pengobatan kanker. Selanjutnya, peneliti membuang sel-sel kanker dari jaringan ovarium, menyisakan suatu rangka yang terdiri dari protein dan kolagen.

Ilmuwan kemudian dapat menumbuhkan folikel ovarium pada rangka jaringan ovarium hasil rekayasa. Ovarium artifisial tersebut kemudian ditransplantasi pada tikus, dan diketahui dapat mendukung kehidupan dan pertumbuhan sel-sel ovarium. Ahli menyatakan, riset itu sangat menarik tetapi masih diperlukan uji coba pada manusia.

Source : bbc.com
deccanchronicle.com
jbhnews.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 × = twenty one

Current day month ye@r *