Bulan Palsu Terbit di Chengdu tahun 2020

Bulan Palsu Terbit di Chengdu tahun 2020

Bulan artifisal pertama di dunia akan diluncurkan tahun 2020 oleh otoritas China. Industri ruang angkasa China tengah mempersiapkan peluncuran bulan palsu dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Sichuan, yang direncanakan akan mengorbit di atas kota Chengdu. Bulan palsu itu akan berfungsi sebagai penerangan di malam hari, dan mirip bulan asli, lapisan pemantulnya akan memantulkan sinar matahari ke Bumi, tetapi dengan cahaya delapan kali lebih terang dibanding bulan asli.

Dengan sinar bulan palsu tersebut, Chengdu dapat menghemat sekitar 174 juta US Dollar untuk biaya listrik di malam hari, setiap tahun. Manfaat lainnya, sinar bulan palsu dapat menerangi zona bencana saat aliran listrik terputus. Bulan artifisial itu akan mengorbit hampir 500 kilometer di atas Bumi, jauh lebih dekat dibanding bulan sesungguhnya dengan orbit rata-rata 382,4 ribu kilometer dari Bumi.

Lokasi dan kecerahan sinar bulan palsu dapat dikendalikan dan diarahkan untuk menerangi wilayah tertentu. Jika peluncuran pada 2020 berhasil, tiga bulan imitasi lainnya akan diluncurkan pada 2022.

Source : livescience.com
thegeniusmedia.com.ng
ntvbd.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + = six

Current day month ye@r *