Cyanobacteria + Jamur Kancing Hasilkan Listrik

Cyanobacteria + Jamur Kancing Hasilkan Listrik

Peneliti Amerika Serikat berhasil menguji ide unik memproduksi listrik dari sejenis jamur yang dilapisi bakteri. Cyanobacteria dapat ditemukan dimana-mana, di lautan maupun daratan, dan diketahui memiliki kemampuan mengubah sinar matahari menjadi listrik.

Masalahnya, bakteri tersebut tidak dapat bertahan hidup pada permukaan artifisial untuk dapat menghasilkan potensinya. Untuk itu, peneliti menggunakan jamur kancing, yang diketahui menjadi tempat hidup berbagai jenis bakteri, menyediakan aneka nutrisi, kelembaban, dan temperatur yang cocok untuk bakteri.

Seperti dipublikasikan dalam jurnal Nano Letters, peneliti the Stevens Institute of Technology menggunakan tinta-bio khusus untuk mencetak bakteri pada kepala jamur dalam pola spiral. Sebelumnya, peneliti menggunakan tinta elektronik untuk menempelkan pita-nano graphene pada permukaan jamur guna mengumpulkan listrik.

Saat jamur diberi cahaya, cyanobacteria mampu menghasilkan sejumlah kecil listrik. Ditemukan, beberapa jamur kancing dapat menyalakan satu lampu kecil. Peneliti meyakini, ide jamur dan bakteri untuk menghasilkan listrik berpotensi menjadi sumber energi terbarukan.

Source : inquisitr.com
hydrogenfuelnews.com
theengineer.co.uk
geek.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 − = three

Current day month ye@r *