Ini Dia Salah Satu Penyebab Anak Lambat Bicara

Ini Dia Salah Satu Penyebab Anak Lambat Bicara

Anak-anak kemungkinan mengalami kelambatan dalam kemampuan berbicara, jika di awal kehamilan, ibu mereka terpapar zat kimia phthalates yang memang digunakan secara luas. Demikian temuan tim ilmuwan New York seperti dipublikasikan dalam JAMA Pediatrics. Phthalates digunakan pada banyak sekali produk mulai dari cat kuku dan hair spray hingga pembungkus makanan dan lantai vynil.

Sebagai bahan plastik, phthalates memberikan sifat lentur, dan sebagai pelarut, mampu membuat berbagai zat lain terurai. Dalam studi peneliti menemukan, resiko balita lambat bicara di usia 3 tahun mencapai 30 persen lebih tinggi pada anak yang ibunya terpapar sangat tinggi dua jenis phthalates, DBP dan BBP.

Kedua zat kimia tersebut terdapat dalam aneka produk seperti lantai vynil, kosmetik, dan mainan plastik. DBP dan BBP diketahui menurunkan kadar hormon testosteron pada ibu selama awal kehamilan, yang membantu menjelaskan, cara zat kimia phthalates mempengaruhi perkembangan kecerdasan. Sebelum ini, phthalates telah dikaitkan dengan kelambatan perkembangan anak, IQ lebih rendah, dan pertumbuhan organ pria yang lambat.

Source : tgh.org
haleplushearty.org
consumer.healthday.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three + 3 =

Current day month ye@r *