Menanti Antibiotik Super dari Llama

Menanti Antibiotik Super dari Llama

Ilmuwan Amerika Serikat menggunakan llama, mamalia khas Amerika Selatan, untuk menghasilkan satu terapi antibodi yang berpotensi ampuh melawan semua tipe flu termasuk pandemik flu baru. Influenza adalah virus yang paling mudah berubah bentuk, yang mana tampilan luarnya bermutasi secara konstan untuk menangkis sistem kekebalan manusia. Karena itu, di negara empat musim selalu dibutuhkan vaksin flu baru setiap musim dingin, yang kadang gagal melawan virus influenza.

Llama diketahui memproduksi antibodi berukuran sangat kecil dibanding antibodi manusia. Antibodi llama menggunakan keunggulan ukuran tersebut untuk dapat lebih dalam memasuki virus dan menyerang bagian virus flu yang tidak dapat berubah. Seperti dipublikasikan dalam jurnal Science, peneliti the Scripps Institute di California menginfeksi llama dengan berbagai tipe flu untuk memicu respon kekebalan pada mamalia tersebut.

Kemudian peneliti mengambil antibodi paling potensial dalam darah llama yang dapat melawan berbagai galur flu, dan membuat antibodi sintetik menggunakan elemen-elemen pada antibodi llama. Saat diuji coba pada tikus yang diberi virus flu dalam dosis mematikan, antibodi tersebut sangat efektif. Hanya satu dari 60 virus flu yang tidak dapat dinetralisis dan virus itu tidak menginfeksi manusia.

Source : mentalfloss.com
bbc.com
theworldwide.news

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ eight = 13

Current day month ye@r *