Patokan Ukuran Kilogram Akan Berubah?

Patokan Ukuran Kilogram Akan Berubah?

Para ilmuwan akan mengubah cara kilogram didefinisikan. Saat ini, satu kilogram didefinisikan oleh berat batang logam ingot berbasis platinum yang disebut “Le Grand K”, yang disimpan dengan aman di Paris. Kini, ilmuwan akan menentukan apakah akan menentukan ukuran satu kilogram berdasarkan aliran listrik.

Dijelaskan, master untuk acuan ukuran satu kilogram Le Grand K mengalami perubahan bobot karena penurunan kondisi. Sementara itu, pengukuran akurat kini semakin penting dalam banyak bidang seperti pengembangan obat, teknologi nano, dan perekayasaan yang presisi.

Diketahui, kuantitas konstanta Planck yang mengaitkan berat dengan aliran listrik dengan simbol h. Untuk mengukur konstanta Planck ilmuwan menetapkan timbangan Kibble, yang memiliki elektromagnet di satu sisi, dan satuan berat seperti kilogram di sisi lainnya. Aliran listrik yang melewati elektromagnet perlu ditambah hingga kedua sisi benar-benar setara.

Dengan mengukur aliran listrik yang melewati elektromagnet pada tingkat presisi tertinggi, peneliti dapat menghitung konstan Planck atau h dengan sangat akurat. Keunggulan sistem baru dengan aliran listrik itu, memungkinkan siapapun yang memiliki timbangan Kibble dapat memeriksa berat 1 kilogram, dimanapun dan kapanpun. Pada sistem lama, seluruh replika kilogram di dunia harus diperiksa terhadap Le Grand K yang ada di Paris.

Source : hurriyetdailynews.com
rte.ie
dw.com
scientificamerican.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five + 9 =

Current day month ye@r *