China Penghasil Emisi CO2 Terbesar Dunia

China Penghasil Emisi CO2 Terbesar Dunia

Ledakan global pasar kendaraan roda empat mendorong emisi CO2 tahun 2018 mencapai rekor tertinggi. Faktor utama kenaikan hampir 3 persen emisi CO2 tahun ini adalah penggunaan batubara di China, sehubungan upaya pemerintah China memacu perekonomiannya.

Tetapi, emisi dari mobil, truk, dan pesawat terbang yang menggunakan BBM juga terus meningkat di seluruh dunia. Penggunaan energi terbarukan juga meningkat tahun ini, tetapi tidak setinggi peningkatan emisi CO2.

Demikian hasil riset the Global Carbon Project (GCP) yang memproyeksikan, kenaikan emisi CO2 tahun 2018 sebesar 2,7 persen, jauh lebih tinggi dibanding kenaikan tahun 2017 sebesar 1,6 persen.

10 negara tertinggi penghasil emisi CO2 di tahun 2018 berturut-turut adalah China, Amerika Serikat, seluruh Uni Eropa, India, Russia, Jepang, Jerman, Iran, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Kanada. Kenaikan emisi CO2 global dalam dua tahun terakhir, membuat para ilmuwan khawatir, mengingat dalam tiga tahun sebelumnya tidak terjadi kenaikan emisi gas rumah kaca tersebut.

Source : bbc.com
washingtonpost.com
treehugger.com
scmp.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − = three

Current day month ye@r *