Krisis Insulin Tahun 2020an?

Krisis Insulin Tahun 2020an?

Ilmuwan memperingatkan, jutaan orang di dunia yang terkena diabetes tipe 2 kemungkinan tidak dapat mengakses insulin dalam dekade mendatang. Sekitar 400 juta orang di dunia, lebih dari separuhnya berada di China, India, dan Amerika Serikat, hidup dengan diabetes tipe 2. Jumlah itu diperkirakan meningkat menjadi lebih dari 500 juta orang pada 2030.

Studi baru ilmuwan dalam jurnal Lancet Diabetes and Endocrinology menyebutkan, hampir 80 juta orang dengan diabetes tipe 2 akan membutuhkan insulin pada 2030, saat permintaan obat tersebut diproyeksikan meningkat 20 persen tahun itu. Tetapi, sekitar separuh yang membutuhkan insulin, tidak bisa mendapatkannya. Sulitnya akses terhadap insulin terkait dengan masalah ketersediaan dan keterjangkauan harga. Di sejumlah negara, insulin hanya tersedia di kota-kota besar.

Selain itu, harga insulin masih mahal. Insulin yang ditemukan hampir 100 tahun lalu masih belum tersedia sebagai obat generik yang murah. Biasanya, obat yang sangat dibutuhkan masyarakat menjadi lebih terjangkau setelah patennya kedaluwarsa, tetapi hal itu tidak terjadi pada insulin. Salah satu alasannya, insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh sel-sel hidup, sehingga lebih kompleks dan lebih sulit ditiru. Perusahaan obat generik berpandangan, memproduksi insulin tidak menguntungkan.

Source : bbc.com
polandworldnews.worldnewsnetwork.co.in
mvilletouchstone.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× four = 20

Current day month ye@r *