Gaya Makan Milenium? Planetary Health Diet

Gaya Makan Milenium? Planetary Health Diet

Tim ilmuwan internasional berusaha merumuskan cara untuk dapat memberi makan miliaran orang di dunia di waktu mendatang. Populasi dunia yang saat ini mencapai 7,7 miliar, diprediksi akan mencapai 10 miliar pada 2050.

Para ahli dari berbagai bidang mulai dari pertanian hingga nutrisi hingga ahli perubahan iklim, merumuskan pola makan yang mampu menyediakan pangan bagi umat manusia masa mendatang. Setelah merumuskan selama dua tahun, peneliti merumuskan ‘pola makan sehat bumi (the planetary health diet)’.

Pola makan tersebut tidak menghilangkan sepenuhnya daging dan produk olahan susu, tetapi merekomendasikan sebagian besar asupan protein dari kacang-kacangan dan polong-polongan. Selain itu, pola makan sehat bumi menekankan banyak sayuran dan buah.

Jika menerapkan pola makan sehat bumi, bangsa Eropa dan Amerika Utara harus mengurangi secara drastis konsumsi daging merah, bangsa Asia Timur harus mengurangi asupan ikan, dan bangsa Afrika harus mengurangi sayuran mengandung zat tepung. Ditambahkan, pola makan sehat bumi juga akan mencegah sekitar 11 juta kematian tiap tahun yang terkait dengan pola makan tidak sehat.

Source : inews.co.uk
standard.co.uk
geneticliteracyproject.org
edition.cnn.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 − three =

Current day month ye@r *