Hati-hati App Smartphone Manipulatif

Hati-hati App Smartphone Manipulatif

Sebuah app cuaca populer mengumpulkan sejumlah informasi yang tidak lazim dari penggunanya. Demikian temuan ahli keamanan digital dari Upstream Systems. App gratis ‘Weather Forecast—World Weather Accurate Radar’ yang telah diunduh 10 juta kali dari Play store juga membuat pengguna yang terdaftar tanpa sadar membayar suatu layanan tanpa ijin.

Software tersebut dibuat oleh TCL Communication Technology Holdings yang berbasis di Shenzhen China. Perusahaan itu membuat smartphone Alcatel dan Blackberry yang sudah menginstal app cuaca tadi. Menurut ahli, app Weather Forecast dari TCL menghimpun informasi seperti lokasi geografis pengguna, alamat email, dan nomor IMEI yang merupakan kode untuk mengidentifikasi setiap gawai.

TCL juga secara manipulatif berusaha menjadikan pengguna smartphone Alcatel di Brazil, Malaysia, dan Nigeria untuk mendaftar dan membayar layanan pornografi dan realitas virtual. Kasus seperti app Weather Forecast dari TCL yang berbasis di China bukanlah yang pertama. Desember lalu, Google menjatuhkan sanksi pada dua app China di Play store terkait tuduhan mengeksploitasi ijin dari pengguna sebagai bagian dari skema penipuan iklan.

Source : androidauthority.com
gizmochina.com
gizmochina.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five × = 20

Current day month ye@r *