HL23 Apartemen Unik di Daerah Padat New York

HL23 Apartemen Unik di Daerah Padat New York

Gedung hunian 14 lantai HL23 di kota New York didisain sebagai sebuah prisma kompleks yang proporsi, sudut-sudut, dan profilnya terus bergeser saat seseorang melintasi taman gantung High Line disebelahnya.

Dalam konteks tersebut, kendati ruang-ruangnya bersifat pribadi, gedungnya berpartisipasi pada pengalaman publik di taman High Line.

Dengan demikian, apartemen HL berayun di antara perannya sebagai pengisi urban dan bangunan yang berwujud, memediasi konteks pandangan dekat dan jauh, mempertegas karakteristiknya yang komples secara optis.

Secara material dan struktural, gedung HL23 berupaya merefleksikan geometri prismatiknya melalui tiang-tiang dan pengikat diagonal dari pipa baja ekspos.

Dinding penutup fasad di sisi timur bentuknya berombak dalam panel-panel stainless steel yang ditekuk. Sementara itu, fasad selatan bangunan setinggi 54 meter tersebut menampilkan sebuah diagonal struktural yang berfungsi sebagai penggantung dari lantai-lantai yang menonjol keluar, melalui kolom-kolom interior.

Source : nytimes.com
archilovers.com
architecturelist.com
subir.pw
archilovers.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× one = 2

Current day month ye@r *