Piramid Terbalik Canada Water Library Soutwark London

Piramid Terbalik Canada Water Library Soutwark London

Gedung perpustakaan Canada Water Library di Soutwark London Inggris menampilkan bentuk piramida terbalik karya arsitek Piers Gough dari firma arsitektur CZWG.

Ide piramida terbalik adalah jawaban untuk tantangan mendesain ruang yang mengakomodasi beragam tuntutan pengguna gedung, dengan luasan lantai melebihi lahan yang diperuntukan bagi bangunan. Gedung perpustakaan tersebut mengakomodasi orang dewasa, anak-anak, dan kalangan muda.

Desain perpustakaan menuntut tidak bertingkat-tingkat karena dapat menghalangi interaksi antara kelompok pengguna yang berbeda-beda, serta membutuhkan lebih banyak staf perpustakaan. Desain piramida terbalik memungkinkan ruang utama perpustakaan berada pada satu lantai, sekaligus merespon pertimbangan desain lainnya.

Seperti mengurangi dampak sinar matahari pada sisi selatan yang memerlukan jendela-jendela besar untuk dapat menikmati pemandangan ke arah perairan Canada Water London. Dinding berbentuk diagonal juga mengakomodasi kebutuhan tempat duduk berundak-undak pada ruang pertunjukan umum.

Source : sikawaterproofing.co.uk
archdaily.com
architypereview.com
dezeen.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + four =

Current day month ye@r *