Pohon Anti Perubahan Iklim Penyelamat Orangutan

Pohon Anti Perubahan Iklim Penyelamat Orangutan

sejumlah spesies pohon penting, yang mampu bertahan terhadap perubahan iklim dan mendukung kera-kera besar yang terancam punah. Menanam pohon-pohon tersebut dapat membantu hutan-hutan tropis tetap bertahan di masa depan, yang merupakan habitat utama orangutan.

Peneliti mengamati 250 tanaman di Taman Nasional Kutai, habitat lebih dari seribu orangutan, dan habitat beberapa hewan langka lainnya seperti beruang matahari Melayu. Studi menemukan dua spesies pohon yang tahan terhadap kebakaran, yaitu pohon palem Bendang dan pohon kayu keras Ulin. Kedua pohon tersebut direkomendasikan untuk ditanam di zona-zona penyangga di sekitar wilayah taman nasional yang rentan kebakaran.

Peneliti juga mengindetifikasi 7 tanaman yang tahan terhadap perubahan iklim dan menjadi sumber makanan orangutan. Diantaranya pohon dracontomelon dao dan kleinhovia hospita. Termasuk spesies yang terancam punah, sekitar 100-ribu orangutan mati dalam 16 tahun terakhir, dan kini diperkirakan tersisa 54.000 orangutan di Kalimantan.

Source : bbc.com
worldwildlife.org
bbc.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + eight =

Current day month ye@r *