Satu Lagi Manfaat Penting Ruang Terbuka Hijau

Satu Lagi Manfaat Penting Ruang Terbuka Hijau

Tinggal di lingkungan yang dekat dengan taman, hutan, atau ruang terbuka hijau lainnya dapat melindungi kesehatan mental anak-anak di masa berikutnya. Demikian temuan tim ilmuwan Aarhus University Denmark seperti dipublikasikan dalam jurnal the Proceedings of the National Academy of Sciences.Peneliti menemukan, anak-anak yang besar di lingkungan alami, memiliki resiko 55 persen lebih rendah mengalami kelainan mental saat dewasa. Ditemukan pula, semakin lama anak-anak tinggal di kawasan area terbuka hijau, semakin besar efek perlindungan dari penyakit mental.

Dalam riset, tim ilmuwan menghimpun data seluruh warga Denmark, termasuk data warga yang mengalami kelainan psikiatrik. Peneliti menggunakan data satelit untuk memperhitungkan jumlah area hijau di dekat setiap warga dengan kelainan psikiatrik sejak lahir hingga usia 10 tahun. Ditemukan, kadar tinggi ruang terbuka hijau di masa kanak-kanak, terkait dengan resiko lebih rendah berbagai masalah mental saat anak sudah dewasa. Keterkaitan tersebut sudah memperhitungkan faktor resiko lain seperti kondisi keuangan dan status sosial, stress di lingkungan perkotaan, dan sejarah keluarga.

Peneliti juga menemukan, area hijau terlihat memperkecil resiko kelainan kepribadian seperti bipolar dan kelainan mood, serta schizophrenia. Temuan itu memperlihatkan bahwa lingkungan perkotaan merupakan faktor resiko lingkungan yang penting bagi kesehatan mental masyarakat.

Source : sumber.com
hijauku.com
akurat.co

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + six =

Current day month ye@r *