Lebih Muda dengan Sengatan Listrik

Lebih Muda dengan Sengatan Listrik

Menggunakan listrik untuk merangsang otak secara presisi, dapat memacu memori kerja pada manusia. Demikian menurut tim peneliti Boston University, yang dapat membuat orang berusia 60an dan 70an, memiliki memori kerja seperti orang berusia 20an. Memori kerja adalah bagian otak yang menyimpan informasi temporer dan digambarkan sebagai “alas sketsa untuk otak”.

Memori kerja dibutuhkan saat kita menulis nomor telpon yang dibacakan orang lain, memecahkan masalah, menghitung, dan membuat keputusan. Memori kerja berbeda dengan memori jangka panjang yang mengingat peristiwa yang sudah berlalu. Seperti dipublikasikan dalam Nature Neuroscience, peneliti melakukan studi terhadap 42 relawan berusia 20an dan 60an atau 70an, yang diminta mencari perbedaan di antara dua gambar yang muncul berurutan.

Partisipan usia 20an menunjukkan kemampuan yang lebih cepat dan lebih akurat tanpa stimulasi otak. Tetapi, performa partisipan berusia 60an dan 70an meningkat saat diberi stimulasi otak. Masih belum diketahui berapa lama efek stimulasi otak dapat bertahan, karena studi tersebut hanya menguji performa partisipan selama 50 menit. Diperlukan studi lebih besar untuk mengetahui apakah stimulasi seperti itu dapat digunakan untuk penyakit otak seperti Alzheimer.

Source : theconversation.com
bbc.com
theconversation.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× five = 5

Current day month ye@r *