Pola Makan Ibu Hamil & Resiko Anak Hiperaktif

Pola Makan Ibu Hamil & Resiko Anak Hiperaktif

Studi baru tim ilmuwan Spanyol mengindikasikan adanya hubungan antara pola makan ibu hamil, dengan resiko kelainan hiperaktif ADHD pada anak yang dilahirkan. Seperti dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics, peneliti menemukan kaitan antara kadar asam lemak omega-6 dan omega-3 pada darah tali pusar dan resiko ADHD di usia 7 tahun.

Kedua jenis asam lemak tersebut berperan penting dalam struktur dan fungsi sistem syaraf pusat, terutama selama tahap akhir kehamilan. Studi dilakukan terhadap 600 anak dari empat wilayah di Spanyol, yang mana tanda-tanda ADHD diperiksa saat anak usia 4 tahun dan diperiksa kembali saat 7 tahun.

Ditemukan, di usia 7 tahun, jumlah tanda-tanda ADHD meningkat 13 persen untuk setiap kenaikan rasio asam lemak omega-6 terhadap omega-3. Ditambahkan, keterkaitan itu hanya terjadi pada tanda-tanda ADHD di usia 7 tahun, tidak terkait dengan diagnosis ADHD. Peneliti menjelaskan, keseimbangan antara kedua asam lemak berperan penting, karena keduanya berfungsi berlawanan.

Asam lemak omega-6 mendorong inflamasi dan omega-3 anti inflamatori. Omega-6 terdapat pada sayuran dan lemak sayuran tertentu juga biji-bijian dan kacang-kacangan. Sementara omega-3 terdapat pada ikan dan minyak ikan.

Source : nakita.grid.id
hellosehat.com
haibunda.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven + 7 =

Current day month ye@r *