Kerusakan di Bumi Makin Parah

Kerusakan di Bumi Makin Parah

Laporan terbaru PBB yang disusun oleh the Intergovernmental Science-Policy Platform on Biodiversity and Ecosystem Services (IPBES), memaparkan berbagai kerusakan di Bumi akibat perbuatan manusia. Kerusakan itu menjadi sangat parah dalam 50 tahun terakhir. Diketahui, penduduk dunia meningkat dua kali lipat sejak 1970, ekonomi global meningkat empat kali lipat, sementara perdagangan internasional meningkat 10 kali lipat.

Untuk menyediakan pangan, pakaian, dan energi bagi perkembangan tersebut, hutan menghilang dalam kecepatan sangat tinggi terutama di wilayah tropis. Antara tahun 1980 dan 2000, 100 juta hektar hutan tropis lenyap terutama untuk peternakan sapi di Amerika Selatan dan perkebunan kelapa sawit di Asia Tenggara.

Pertumbuhan manusia membuat 25 persen satwa dan tanaman terancam, kualitas lahan menurun drastis membuat produktivitas lahan turun 23 persen. Di sisi lain, polusi sampah plastik meningkat 10 kali lipat sejak 1980, dan setiap tahun manusia membuang 300 hingga 400 juta ton logam berat dan berbagai sampah lainnya ke lautan.

Source : forbes.com
greenworldwarriors.com
theecologist.org

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four − 4 =

Current day month ye@r *