Obat Hipertensi untuk Kanker Prostat

Obat Hipertensi untuk Kanker Prostat

Obat tekanan darah tinggi kemungkinan dapat pula berfungsi membantu menurunkan resiko kanker prostat. Studi tim ilmuwan Albert Einstein College of Medicine di New York City menemukan, beta blocker bernama atenolol menurunkan secara drastis resiko pria terkena kanker prostat stadium sedang sekitar 50 persen, dibanding pria yang tidak diberi beta blocker.

Obat itu terlihat pula menurunkan secara signifikan resiko kanker prostat stadium rendah. Tetapi, efek tersebut hanya terlihat pada pemberian atenolol, bukan pada metoprolol dan carvedilol. Obat beta blocker menurunkan tekanan darah dengan menghambat efek hormon adrenalin, sehingga jantung berdenyut lebih lambat daya lebih sedikit. Obat beta blocker juga melenturkan pembuluh darah, sehingga pembuluh lebih terbuka dan meningkatkan aliran darah.

Beta blocker memiliki pula efek lain, menghambat sel-sel pada sisi dalam pembuluh vena dan arteri, membuat sel-sel itu lebih sulit membentuk pembuluh darah baru. Mengingat tumor-tumor yang bersifat kanker bergantung pada pembuluh darah baru untuk bertahan, peneliti menduga, beta blocker memperlambat atau menghentikan perkembangan kanker prostat.

Source : health.harvard.edu
medicalnewstoday.com
prostate.org.nz

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + seven =

Current day month ye@r *