Suhu Ruangan Pengaruhi Nilai Matematika

Suhu Ruangan Pengaruhi Nilai Matematika

Suhu ruangan ternyata mempengaruhi secara berbeda pria dan wanita saat menjalani tes matematika dan tes verbal. Wanita menunjukkan nilai lebih tinggi pada kedua tes, saat suhu ruangan lebih hangat, sementara pria mencapai nilai lebih tinggi saat temperatur ruangan lebih dingin. Demikian temuan peneliti Amerika Serikat dan Jerman seperti dipublikasikan dalam journal PLOS ONE.

Riset dilakukan terhadap 542 mahasiswa di Jerman yang mengikuti tes logika, matematika, dan tes verbal di ruangan-ruangan dengan temperatur berkisar dari 16 Celcius hingga 32 Celcius. Hasilnya, wanita rata-rata mencapai nilai lebih tinggi dibanding pria pada tes matematika dan verbal saat suhu ruangan diatur lebih hangat.

Sementara, mahasiswa pria mencapai nilai lebih tinggi saat suhu ruangan lebih dingin. Temperatur ruangan tidak mempengaruhi nilai tes logika. Temuan itu mengindikasikan, variasi normal pada temperatur ruangan kemungkinan mempengaruhi performa kognitif secara signifikan, dan memberi pengaruh berbeda pada pria dan wanita.

Source : nypost.com
dw.com
middleweb.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× one = 5

Current day month ye@r *