Berlian Super Langka dari Batu Murni di Brazil

Berlian Super Langka dari Batu Murni di Brazil

Sejumlah berlian unik yang terbentuk jauh di dalam tanah di Brazil, diyakini berasal dari batu murni yang ada di Bumi. Seperti dipublikasikan dalam jurnal Science, tim peneliti the Australian National University menemukan sejumlah berlian di wilayah Juína Brazil. Batu-batu berharga tersebut memiliki penanda kimiawi khas yang mengindikasikan adanya kawasan batu purba yang masih terjaga jauh di bawah tanah.

Batu-batu berlian itu mengandung kadar tinggi isotop helium purba yang disebut helium-3 yang terdapat pada bebatuan pertama Bumi. Ini menunjukkan, berlian yang diperkirakan berumur kurang dari 500 juta tahun tersebut, terbentuk di dalam atau di atas sisa-sisa batuan awal Bumi. Saat proses pembentukannya, berlian menyatu dengan sebagian helium-3 yang melebur perlahan dari batuan purba yang masih murni.

Berlian Juína juga mengandung mineral breyite yang terbentuk pada tekanan ultra-tinggi, mengindikasikan awal mula berlian dari kedalaman sekitar 410 hingga 660 kilometer di bawah tanah. Umumnya, batu berlian berasal dari kedalaman 230 kilometer di bawah tanah.

Source : newscientist.com
smithsonianmag.com
wyomingpublicmedia.org

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three + 4 =

Current day month ye@r *