Mandi Air Hangat Tidur Makin Nyenyak

Mandi Air Hangat Tidur Makin Nyenyak

Berendam atau mandi air hangat sebelum tidur dapat mempersingkat waktu untuk dapat tertidur, juga memperpanjang tidur malam, dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Demikian menurut tim peneliti the University of Texas di Austin seperti dipublikasikan dalam jurnal Sleep Medicine Reviews.

Sebagai bagian dari siklus 24 jam alami, temperatur tubuh mulai turun secara sekitar satu atau dua jam sebelum waktu seseorang biasa tidur. Dan, berendam atau mandi air hangat dapat mendorong proses itu ke arah yang benar, dengan cara memacu sirkulasi darah dari bagian tubuh lebih dalam ke bagian lebih luar. Hasilnya, pelepasan panas dari tubuh yang sangat efisien yang menyebabkan penurunan temperatur tubuh. Waktu mandi juga berperan penting.

Waktu optimal mandi air hangat agar memberi efek terhadap kualitas tidur adalah sekitar satu hingga dua jam sebelum tidur. Tetapi analisa dari 17 penelitian menunjukkan, mandi air hangat pada waktu yang tepat hingga sekitar 10 menit sebelum tidur tetapi memberi dampak positif terhadap kualitas tidur.

Source : metro.co.uk
zenhaven.com
goodtherapy.org

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + 9 =

Current day month ye@r *