Diet Ala Puasa Daud Cara Simpel Turunkan Berat Badan

Diet Ala Puasa Daud Cara Simpel Turunkan Berat Badan

Pendekatan yang jauh lebih simpel untuk menurunkan berat badan, tampaknya cukup dengan satu hari puasa satu hari berbuka berselang-seling, atau alternate-day fasting (ADF), mirip puasa Daud dalam Islam. Uji coba menunjukkan, ADF selama satu bulan sudah dapat menurunkan berat badan lebih dari 3 kilogram. Penurunan berat badan itu terjadi sekalipun partisipan makan sekitar 30 persen lebih banyak di hari-hari saat tidak puasa, dibanding makan rutin di hari biasa.

Diet ADF terlihat tidak berdampak pada sistem kekebalan, berbeda dengan diet rendah kalori yang dapat berpengaruh pada sistem kekebalan. Dalam uji coba terhadap 60 relawan, separuh menjalani diet ADF, yang mana dalam 48 jam atau dua hari, partisipan hanya boleh makan dengan bebas selama 12 jam. Separuh lainnya dapat makan secara normal seperti biasa setiap hari. Setelah satu bulan, partisipan yang menjalani diet puasa selang sehari, mengalami penurunan berat badan 4½ persen dari berat badan mereka. Partisipan tersebut juga menunjukkan perubahan positif terkait faktor-faktor resiko penyakit jantung seperti kadar kolesterol yang lebih rendah.

Diduga, efektivitas diet mirip puasa Daud dalam menurunkan berat badan berkaitan dengan biologi evolusioner. Fisiologi manusia sudah akrab dengan periode kelaparan yang diikuti dengan periode makanan berlimpah. Hanya dalam sejarah belakangan ini, manusia menikmati kondisi makanan berlimpah terus-menerus sehingga perlu pembatasan kalori untuk menjaga berat badan yang sehat.

Source : thesun.co.uk
newatlas.com
thetimes.co.uk

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven + 4 =

Current day month ye@r *