Rakit Raksasa di Samudra Pasifik

Rakit Raksasa di Samudra Pasifik

Sebuah rakit raksasa yang terbentuk dari bebatuan vulkanik membentang seluas 150 kilometer persegi dan bergerak di Samudra Pasifik. Demikian menurut peneliti the University of Tasmania. Lautan batu apung seluas 20.000 kali lapangan sepakbola tersebut pertama kali dilaporkan oleh pelaut Australia awal bulan ini.

Batu apung itu adalah batu ringan bergelembung yang dihasilkan saat lava mengalami pendinginan dengan sangat cepat dan kehilangan gas. Peneliti menduga, massa batu apung tersebut kemungkinan berasal dari gunung berapi di dalam laut dekat Tonga, yang menurut data satelit meletus sekitar 7 Agustus lalu. Saat dilaporkan, terdapat lebih dari satu trilyun batu apung yang bergerak bersama ke arah barat menuju Fiji, kemungkinan melintasi Kaledonia Baru dan Vanuatu hingga Australia.

Seiring waktu, batu-batu itu akan menyebar. Peneliti memperkirakan, banyak kehidupan yang menempel pada rakit raksasa batu apung tersebut. Batu apung tersebut juga diprediksi bermanfaat bagi memulihkan terumbu karang yang rusak.

Source : foxnews.com
q13fox.com
abcnews.go.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 1 = three

Current day month ye@r *