Jalan Kaki Memperlambat Penuaan

Jalan Kaki Memperlambat Penuaan

Seberapa cepat seseorang berjalan di usia 40an merupakan satu tanda seberapa banyak otak mereka, juga seluruh tubuh mereka mengalami penuaan. Demikian menurut tim ilmuwan internasional seperti dipublikasikan dalam JAMA Network Open. Studi dilakukan terhadap seribu orang Selandia Baru yang lahir tahun 1970an dan diamati hingga usia 45 tahun.

Secara umum, partisipan yang berjalan lebih lambat cenderung memperlihatkan tanda-tanda percepatan penuaan, dengan kondisi paru-paru, gigi, dan sistem kekebalan lebih buruk dibanding yang berjalan kaki lebih cepat. Temuan yang mengejutkan, pemindaian otak menunjukkan, orang yang lebih lambat berjalan, cenderung memiliki otak yang juga terlihat lebih tua.

Peneliti juga menemukan, anak-anak yang tumbuh menjadi pejalan kaki yang lebih lambat, memiliki tingkat kecerdasan rata-rata 12 poin lebih rendah dibanding yang paling cepat berjalan, 40 tahun kemudian. Peneliti menyatakan, mengukur kecepatan berjalan pada usia lebih muda, dapat menjadi satu cara untuk uji coba penanganan untuk memperlambat penuaan.

Source : rnz.co.nz
dailyexcelsior.com
gigazine.net

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 2 = five

Current day month ye@r *