Krisis Burung Penyanyi & Kontes Burung di Jawa

Krisis Burung Penyanyi & Kontes Burung di Jawa

Populasi burung di Asia dan Amerika Serikat dalam kondisi krisis. Demikian menurut dua studi berskala besar yang dipublikasikan dalam jurnal Science dan Biological Conservation. Studi pertama menyimpulkan, jumlah burung di Amerika Serikat dan Kanada saat ini, 3 miliar ekor lebih sedikit dibanding populasi burung tahun 1970, setara dengan menyusutnya 29 persen burung di Amerika Utara.

Studi kedua menyorot titik puncak krisis burung penyanyi di Asia, khususnya di pulau Jawa, dimana lebih banyak burung penyanyi yang berada dalam sangkar dibanding yang terbang bebas di alam. Jual-beli burung penyanyi yang sebagian besar ditangkap dari alam liar, merupakan bisnis besar di berbagai wilayah di Asia terutama di Jawa.

Studi tahun 2017 menunjukkan, sekitar 75 juta burung penyanyi menjadi hewan peliharaan di rumah, dan banyak diantaranya ditujukan untuk kontes kicau burung terbaik. Bagaimanapun, budaya tersebut mendorong penangkapan burung penyanyi di alam liar, yang akhirnya mengancam keberlangsungan hidup sejumlah spesies.

Source : suaramerdeka.com
news.detik.com
globalkicau.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + = 17

Current day month ye@r *