Perbedaan Kekebalan Bayi Lahir Normal dan Sesar

Perbedaan Kekebalan Bayi Lahir Normal dan Sesar

Bayi yang lahir melalui bedah sesar memiliki perbedaan bakteri mikrobioma usus yang dramatis dengan bayi yang lahir normal. Mikrobioma adalah berbagai mikroba yang secara normal hidup pada tubuh manusia terutama di usus. Menurut riset peneliti Inggris, bayi lahir normal mendapatkan sebagian besar bakteri mikrobioma dari ibu mereka, tetapi bayi yang lahir melalui operasi sesar memiliki kadar tinggi bakteri rumah sakit, mencapai 30 persen.

Selama ini diketahui, anak yang lahir secara sesar beresiko lebih tinggi terkena kelainan seperti diabetes tipe 1, alergi, serta asma, dan sistem kekebalan tubuh diyakini berperan penting. Di sisi lain, perbedaan jumlah bakteri mikrobioma antara bayi lahir normal dan bedah sesar akan terkikis seiring waktu, dan menjadi relatif sama sebelum bayi berusia satu tahun.

Karena itu peneliti menduga, bakteri-bakteri yang pertama kali menghuni tubuh kita, secara krusial berperan penting dan membantu melatih sistem kekebalan tubuh untuk membedakan mana bakteri baik dan bakteri musuh. Hipotesa peneliti, proses persalinan adalah semacam momen “thermostat” yang menetapkan sistem kekebalan tubuh bagi kehidupan setiap orang.

Source : todaysparent.com
bbc.com
mammamudra.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 9 = sixteen

Current day month ye@r *