Kamera 108 megapiksel dari Xiaomi

Kamera 108 megapiksel dari Xiaomi

Raksasa teknologi China, Xiaomi memperlihatkan smartphone premium pertama di dunia dengan kamera 108 megapiksel. Sensor dengan resolusi ekstra tinggi tersebut dikembangkan oleh Samsung yang belum menerapkannya pada handset Samsung sendiri.

Kamera tersebut memiliki keunggulan dalam menghasilkan foto-foto sangat tajam dengan detil gambar sangat banyak. Bagaimanapun, uji coba awal teknologi kamera itu mengindikasikan, gambar-gambar yang dihasilkan mengandung lebih banyak distorsi digital dibanding kamera smartphone lain dengan resolusi lebih rendah. Memampatkan begitu banyak resolusi ke dalam komponen smartphone yang lebih kecil dibanding kamera konvensional, berisiko menimbulkan cross-talk yang lebih tinggi. Mengatasi masalah itu, sensor Isocell Pluss Samsung memiliki ukuran lebih besar dibanding mayoritas sensor smartphone lain. Tetapi yang berperan kunci adalah penyusunan piksel dalam kelompok-kelompok empat piksel, yang berbagi filter warna sama untuk mendeteksi cahaya merah, hijau, dan biru.

Secara baku, data dari setiap kelompok piksel menyatu untuk meniru prilaku satu piksel yang lebih besar, dan menghasilkan foto-foto 27 megapiksel. Tetapi jika tersedia cukup cahaya, pengguna dapat mengesampingkan fungsi tersebut untuk mendapatkan foto 108 megapiksel. Hal itu didapat dari algoritma software yang memetakan ulang piksel untuk men-simulasi apa yang akan terekam, seandainya piksel-piksel disusun pada pola normal.

Source : digitaltrends.com
trustedreviews.com
gsmarena.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− eight = 0

Current day month ye@r *