Satu Lagi Peringatan untuk Jakarta

Satu Lagi Peringatan untuk Jakarta

Jauh lebih banyak orang berisiko mengalami banjir pantai sehubungan kenaikan permukaan laut akibat perubahan iklim, pada akhir abad ini. Demikian kesimpulan dari riset baru prganisasi berita nirlaba Climate Central di Amerika Serikat seperti dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications.

Riset itu menemukan, 190 juta orang akan tinggal di wilayah-wilayah yang diperkirakan berada di bawah garis pasang naik di tahun 2100. Riset Climate Central tersebut mengoreksi bias pada data ketinggian daratan yang sebelumnya digunakan untuk mengetahui seberapa jauh daerah pantai agan tergenang air laut pasang naik. Riset Climate Central yang menggunakan instrumen lebih modern menunjukkan, enam negara Asia dimana 237 orang tinggal di daerah pantai, dapat terancam banjir pantai tahunan di tahun 2050.

Jumlah itu 180 juta lebih banyak dibanding perkiraan sebelumnya. Keenam negara tersebut adalah China, Bangladesh, India, Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Khusus Indonesia, sekitar 23 juta penduduk berisiko terkena banjir pantai tahunan pada 2050, termasuk Jakarta yang mengalami penurunan permukaan tanah sangat cepat.

Source : bbc.com
globalnews.ca
straitstimes.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 × one =

Current day month ye@r *