“RAUDLATUL JANNAH” PEMAKAMAN ISLAMI BAGI UMAT MUSLIM

“RAUDLATUL JANNAH” PEMAKAMAN ISLAMI BAGI UMAT MUSLIM

Jakarta, 3 Desember 2019 — Pada umumnya makam identik dengan tempat yang tidak terawat dan seram. Namun tidak demikian dengan Raudlatul Jannah Memorial Park, pemakaman Islami untuk umat Muslim ini. Pemakaman yang secara harafiah berarti Taman Surga ini dibangun di atas tanah seluas 50 hektar berlokasi di jalan Kuta Tandingan Raya No.7, Exit Karawang Barat 2, Km.46, Jawa Barat, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim yang merupakan penduduk mayoritas di Indonesia dengan standar pengelolaannya pun dilakukan sesuai dengan aturan dan kaidah Islam.
Konsep design arsitektur bangunan yang ada di Raudlatul Jannah Memorial Park mengingatkan kita sebagai umat Islam untuk memuji kebesaran Allah dan selalu melakukan perintah Allah. Misalnya pada bangunan totem yang berdiri di kiri kanan jalan utama menuju Family Center, tertulis kalimat Tasbih, Tahmid, Tahlil dan Takbir. Arti dari kalimat dzikir tadi adalah Maha Suci Allah, Segala Puji bagi Allah, Tiada sesembahan yg berhak disembah selain Allah dan Maha Besar Allah.

Kalimat ini merupakan kalimat dzikir yg senantiasa harus di amalkan oleh umat Islam dalam kesehariannya, karena makna dari kalimat tersebut sungguh tinggi. Dengan mengamalkan kalimat-kalimat tersebut maka bisa mengangkat pengamalnya pada derajat yang tinggi secara hakikat.
Banyak sekali keterangan-keterangan khusus Firman Allah Subhanallah Wa Ta’ala yang menganjurkan agar umat manusia untuk tidak lepas dari dzikir, misalnya terdapat salah satu surat ke-33 AL-Ahzab ayat 41-42 yang bunyi artinya : “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-NYA di waktu pagi dan petang”.
Bahkan dalam salah satu Hadist Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasalam bersabda : Ucapan yg paling Allah sukai itu adalah empat : Subhanallah, Al-Hamdulillah, La ilaha illa Allah dan Allahu Akbar. Tidah ada bahaya dari manapun kamu mulai (HR. Muslim).
Maka dari itu dibuat kalimat-kalimat Dzikir tersebut sebagai pengiring dan pengingat bagi semua agar selalu mengingat Allah Subhannahu Wa ta’ala, sehingga keberkahan datang kepadanya dan selalu dalam lindungan-Nya.

Didalam memberikan nama mansion di Raudlatul Jannah Memorial Park, kami menggunakan nama untuk mengingatkan kita akan kebesaran Allah. Mansion pertama yang kami buka bernama Al-Fattaah yang artinya Maha Pembuka Kebaikan. Rezeki ada banyak jalannya dan Allah Ta’ala tahu mana rezeki yang terbaik untuk hamba-Nya.
“Bagi umat muslim pemakaman adalah sesuatu yang sakral dan harus dilakukan sesuai dengan ketentuan agama. Antara lain, jenazah harus membujur ke utara dengan muka menghadap ke arah kiblat dan tidak menggunakan beton. Karenanya, pengelolaan pemakaman di Raudlatul Jannah Memorial Park dilakukan dengan mengikuti standar ketat sesuai aturan dalam agama Islam,” kata KH. Ahmad Ruhiat Hasby selaku Penasihat Raudlatul Jannah Memorial Park.

Pemakaman ini dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya dan ini sejalan dengan tradisi umat muslim untuk berziarah ke makam para leluhur. Raudlatul Jannah dilengkapi dengan fasilitas penunjang seluas 2 hektar yang terdiri dari Masjid Raudlatul Jannah berkapasitas 150 orang, Restaurant Acacia yang menyediakan menu ala nusantara, Food Mart, Jasmine Florist Shop dan Marketing Office. Semua itu membuat pemakaman ini menjadi tempat yang nyaman bagi keluarga yang ingin berziarah ke makam leluhur mereka.
Selain penyediaan lahan pemakaman, Raudlatul Jannah juga memberikan pelayanan lengkap mulai dari memandikan jenazah, mengkafani, mensholatkan, membawa jenazah ke pemakaman, hingga memakamkan jenazah. Mengingat pemakaman jenazah seorang muslim harus dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 24 jam setelah meninggal, maka Raudlatul Jannah menyediakan pelayanan di luar jam kerja atas permintaan khusus.
Usai pemakaman, Raudlatul Jannah juga memberikan pelayanan

penyediaan batu nisan, penyediaan tenda dan kursi untuk ziarah di makam, hingga pemeliharaan lahan pemakaman dan penjagaan keamanan selama 24 jam 7 hari seminggu.
Sebelumnya Lippo telah membangun pemakaman serupa yang diperuntukkan bagi umat semua agama, yaitu San Diego Hills Memorial Park, sehingga masyarakat Indonesia memiliki pilihan untuk memakamkan keluarganya yang meninggal. Dan Raudlatul Jannah merupakan pengembangan terbaru dari San Diego Hills Memorial Park.

Layanan yang tersedia di Raudlatul Jannah Memorial Park :

A. Pemulasaran Jenazah
a. Penjemputan Jenazah menuju tempat persemayaman.
b. Memandikan Jenazah.
c. Mengkafani Jenazah
d. Sholat Jenazah
e. Memberangkatkan Jenazah menuju ke Raudlatul Jannah Memorial Park

B. Pelayanan Pemakaman
a. Penyediaan Lahan Pemakaman Muslim
b. Pelaksanaan Prosesi Pemakaman
c. Membacakan doa untuk Jenasah
d. Membacakan Al-Quran selama 7 x 24 jam di lahan makam.

C. Pelayanan setelah Pemakaman
• Penyediaan Batu Nisan beserta desainnya
• Penyediaan tenda dan kursi untuk ziarah makam
• Pemeliharaan Lahan Pemakaman dan keamanan 24/7.

Kita mengetahui bahwa Pemakaman umat Muslim harus dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 24 Jam setelah meninggal, sehingga kami memberikan Jam Pelayanan mengikuti Kebutuhan dari pelanggan yang diluar standar jam kerja (dengan permintaan khusus).

Raudlatul Jannah Memorial Park
Jalan Kuta Tandingan Raya nomor 7
Exit Karawang Barat 2 Kilometer 46 tol Cikampek
Telepon : (0267) 648 7777 atau Hotline 24 Jam 0818-0888-1945
Website : www.raudlatuljannah.co.id
Instagram : @raudlatuljannahmemorialpark
Twitter : @raudlatuljmp
Facebook : @raudlatuljannahmemorialpark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − = zero

Current day month ye@r *