Lockdown Menenangkan Bumi

Lockdown Menenangkan Bumi

Aturan pembatasan aktivitas secara global untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 membuat dunia jauh lebih tenang, dan para ahli seismologi mendeteksinya lebih jelas lagi. Menurut laporan CNN, para ahli seismologi di seluruh dunia mengamati adanya kebisingan seismik setempat yang jauh lebih rendah, seiring adanya berbagai pembatasan sosial.

Kebisingan seismik adalah getaran yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, kereta api, bus, dan orang-orang yang melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan ketiadaan kebisingan sesimik lokal itu, lapisan atas kerak Bumi bergerak agak lebih sedikit. Hal tersebut pertama kali diamati di ibukota Belgia, Brussels, yang menunjukkan penurunan kebisingan seismik setempat 30 hingga 50 persen lebih rendah sejak pertengahan Maret.

Hal itu seiring penutupan aktivitas sekolah dan bisnis serta pembatasan sosial lainnya. Dengan penurunan tersebut, ahli seismologi dapat mendeteksi getaran-getaran gempa dan kejadian seismik lain yang lebih kecil yang tidak tercatat pada beberapa stasiun seismik tertentu.

Source : edition.cnn.com
fijivillage.com
dailysabah.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 × = eighteen

Current day month ye@r *