Amerika Serikat Tengah Dilanda Megadrought

Amerika Serikat Tengah Dilanda Megadrought

Musim kering panjang atau megadrought, mirip musim kering terburuk sepanjang sejarah yang terjadi di wilayah barat Amerika Serikat, sedang berlangsung saat ini. Demikian hasil riset tim ilmuwan Columbia University New York seperti dipublikasikan dalam jurnal Science. Peneliti menyatakan, megadrought adalah peristiwa alami yang mulai terjadi tahun 2000 dan kini masih berlangsung.

Bagaimanapun, perubahan iklim memiliki dampak besar sehubungan kenaikan temperatur global, membuat kekeringan menjadi lebih parah. Megadrought di Amerika Utara berlangsung selama puluhan tahun, dengan periode kekeringan sangat parah yang lebih lama dibanding musim kering selama abad 19 dan 20. Terdapat sekitar 40 peristiwa kekeringan di wilayah barat Amerika Serikat dari tahun 800 hingga 2018, empat diantaranya digolongkan sebagai kekeringan panjang (megadrought), yaitu akhir tahun 800-an, pertengahan 1100-an, dan akhir tahun 1500-an.

Dalam studi baru, peneliti membandingkan kondisi sejumlah kekeringan panjang terburuk di masa lalu, dengan data kelembaban tanah dari tahun 2000 hingga 2018. Ditemukan, periode saat ini kondisinya lebih buruk dibanding 3 atau 4 megadrought terdahulu. Peneliti menambahkan, situasi kekeringan panjang saat ini adalah kejadian alami tetapi sangat diperburuk oleh perubahan iklim.

Source : hstoday.us
bbc.com
cbsnews.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − = four

Current day month ye@r *