Generasi Baru Kendaran Berbahan Bakar Gas

Generasi Baru Kendaran Berbahan Bakar Gas

Satu material baru yang dikembangkan ilmuwan dapat menjadi pendorong untuk mempercepat perkembangan generasi baru kendaran bertenaga gas hidrogen. Seperti spon untuk mandi, material baru itu mampu menahan dan melepaskan sejumlah besar gas hidrogen pada tekanan rendah dengan biaya lebih ringan. Hidrogen untuk sel bahan bakar kendaraan bermotor dan truk, dapat menjadi bahan bakar yang sangat ramah lingkungan karena dapat diproduksi menggunakan energi terbarukan.

Tetapi hidrogen yang sangat ringan membutuhkan tangki yang mahal, yang mana tangki harus menyimpan hidrogen sekitar 4-5 kilogram pada tekanan sangat tinggi sekitar 700 bar. Material baru itu memungkinkan untuk menyimpan hidrogen dalam volume tinggi dengan tekanan jauh lebih rendah, sehingga tidak mahal.

Mengandung miliaran pori-pori kecil, satu gram material baru berbasis aluminium itu memiliki permukaan seukuran lapangan sepakbola. Peneliti menyatakan, material bernama NU-1501 tersebut dikembangkan dari molekul organik dan ion-ion metal yang merakit sendiri untuk membentuk kerangka seperti kristal yang berpori-pori.

Source : bbc.com
digitaltariq.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five − 1 =

Current day month ye@r *