Masjid Uqba Tunisia yang Penuh Sejarah

Masjid Uqba Tunisia yang Penuh Sejarah

Kompleks Masjid Uqba atau Masjid Agung Kairouan yang sangat luas di kota Kairouan Tunisia, memiliki 9 gerbang, bahkan menurut sejarawan Islam, terdapat 10 gerbang di sekitar abad 10 dan 11.

Selama abad 13, dibuka sejumlah gerbang baru, yang paling mengagumkan adalah Lalla Rihana dari tahun 1293. Berada di benteng sebelah timur kompleks masjid, gerbang monumental itu dibangun oleh penguasa Hafsiah, Abu Hafs Umar bin Yahya. Gerbang Lalla Rihana mengarah ke pelataran yang menjorok, dengan tiang-tiang kuno menyangga lengkung-lengkung tapal kuda di gerbang tersebut.

Penutupnya sebuah kubah di atas lengkung-lengkung kecil. Sementara, fasad depan serambi gerbang Lalla Rihana memiliki lengkung tapal kuda berukuran besar, disangga dua tiang marmer dan ditinggikan oleh dekorasi lengkung-lengkung tanpa bukaan.

Kendati dibangun di akhir abad ke-13, gerbang Lalla Rihana menyatu begitu baik, dengan keeluruhan bangunan Masjid Uqba di Kairouan Tunisia yang berasal dari sekitar 400 tahun sebelumnya, abad ke-9.

Source : worldsecretlocations.com
menafn.com
beautifulmosque.com
peters365photos.wordpress.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − = three

Current day month ye@r *