Sampah Plastik Sangat Halus Ancam Lautan

Sampah Plastik Sangat Halus Ancam Lautan

Ilmuwan berhasil mengidentifikasi kadar tertinggi plastik-mikro yang ada di dasar laut. Pencemaran itu ditemukan pada lapisan sedimen yang diambil dari dasar Laut Mediterania di dekat Itali. Tim peneliti menemukan hingga 1,9 juta serpihan plastik per meter persegi di kawasan tersebut. Serpihan itu termasuk serat-serat dari pakaian dan bahan tekstil sintetik lainnya, serta dari benda-benda lebih besar yang terurai di laut.

Selama ini, banyak pihak lebih memperhatikan potongan plastik berukuran besar yang mengapung di lautan atau terbawa arus ke pantai. Tetapi, sampah plastik yang kasat mata itu hanya mencerminkan 1 persen dari sampah plastik di lautan, sementara 99 persen lainnya tidak diketahui pasti.

Sebagian hampir dapat dipastikan termakan oleh hewan-hewan laut, tetapi kemungkinan sebagian besar sampah plastik terurai menjadi serpihan halus dan tenggelam di dasar laut. Peneliti meyakini, plastik-mikro yang berukuran kurang dari 1 milimeter, terkonsentrasi di berbagai lokasi tertentu di dasar laut akibat arus dasar laut berkekuatan besar.

Source : cbsnews.com
bbc.com
cosmosmagazine.com

www.klcbs.net
@klcbs
Fb: klcbs
Ig: klcbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + = twelve

Current day month ye@r *