Hati-hati Bayi Terpapar Produk Pembersih di Rumah

Hati-hati Bayi Terpapar Produk Pembersih di Rumah

Bayi yang terpapar produk-produk pembersih rumah tangga di bulan-bulan awal usia mereka, terkait dengan risiko asma di usia 3 tahun. Demikian menurut tim ilmuwan Simon Fraser University di Burnaby Kanada seperti dipublikasikan dalam the Canadian Medical Association Journal. Studi dilakukan terhadap orang tua dari 2.000 lebih anak yang terpapar produk pembersih rumah tangga sejak lahir hingga usia 4 bulan.

Ditemukan, bayi dengan paparan tertinggi produk pembersih menghadapi risiko 37 persen lebih tinggi terkena asma di usia 3 tahun. Bayi-bayi tersebut juga berisiko 35 persen lebih tinggi mengalami masalah nafas berbunyi di usia tiga tahun. Produk pembersih yang berkaitan dengan risiko tertinggi nafas bunyi dan asma adalah produk pembersih-pewangi dan produk pembersih yang disemprot.

Peneliti menduga, zat-zat kimia pada produk pembersih kemungkinan merusak dinding saluran pernafasan bayi, dengan memicu jalur inflamatori sistem kekebalan yang mengarah pada asma dan nafas bunyi. Perubahan pada mikrobioma bayi yang terpapar produk pembersih rumah-tangga kemungkinan juga turut mempengaruhi.

Source : consumer.healthday.com
medscape.com
independent.co.uk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight × = 16

Current day month ye@r *